Self-Note: Selamat Hari Guru ke 71!

“Kamu yakin mau jadi guru, flin? Jadi guru tuh susah flin, mana gajinya sedikit lagi.”

Tak sedikit orang yang melempar petanyaan dan pernyataan seperti itu kepada saya, mulai dari teman sebaya sampai dengan orang tua saya. Walaupun terkadang telinga saya agak risih ketika harus mendengarkan pernyataan yang tampak merendahkan profesi yang menjadi cita-cita saya.

Sebenarnya cita-cita ini sudah saya miliki sejak saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Kalau ditanya motivasinya apa, mungkin agak sulit untuk menyebutkannya karena motivasi saya untuk menjadi guru sangat besar, yang pastinya sulit untuk digambarkan dengan kata demi kata.

Namun satu hal yang saya tahu dan menjadi salah satu motivasi yang kuat untuk menjadi seorang guru. Saya sangat mengagumi ketegaran seorang guru. Bagai lilin, mereka rela mengorbankan diri mereka untuk menerangi jalan orang lain. Mengorbankan diri demi mencerdaskan serta membangun karakter anak didiknya. Walau terkadang mereka mendapati kesabaran mereka tengah di uji oleh anak didik mereka, selengkung senyuman masih sanggup mereka berikan kepada anak didiknya. Dan ada tantangan tersendiri bagi mereka ketika harus berhadapan dengan anak-anak didiknya yang berbeda latar belakang dan karakter.

Profesi ini begitu mulia untuk diemban. Saya yakin, hanya orang yang mampu mengabdikan dirinya kepada orang lain serta memiliki hati yang sangat teguh yang dapat bertahan dalam menggeluti profesi ini, yang menjadikannya sebuah tantangan yang begitu besar bagi siapapun, termasuk saya, untuk terjun dalam profesi ini.

Pernah suatu ketika guru saya di SMA berkata seperti ini kepada saya:

“Masih banyak kerjaan di sekolah, capek, di rumah juga masih banyak kerjaan lagi,” keluh Beliau lalu menatap saya,

“Masih mau jadi guru Lin?”

Dengan penuh keyakinan dan keteguhan dan tanpa berpikir panjang, saya menjawab,

“Masih Bu.”

Selamat Hari Guru yang ke 71!

Tinggalkan Balasan

